Header Ads

Umberto Eco

Umberto Eco (1932 - ), penulis Italia. Ia menulis novel, kritik sastra, dan kajian semiotika. Eco dilahirkan di Alessandria, 1932. Ia meraih gelar doktor dari Universitas Turin pada 1945 saat masih berusia 22 tahun dengan tesis mengenai filsuf dan pemikir religius St. Thomas Aquinas. Pada 1971 Eco menjadi guru besar semiotika di Universitas Bologna, Italia. Sebagai seorang ahli semiotika, ia menulis A Theory of Semiotics (1976). Karir sastra Eco berawal pada 1950-an, saat ia menjadi kolumnis untuk koran Il Verri, menulis rubrik Diario Minimo (1959-1961). Artikel-artikelnya terkumpul dalam sejumlah buku, antara lain Diario Minimo (1963), Il Costume Di Casa (1973), Dalla Periferia Dell’impero (1977), dan How to Travel with a Salmon (1992). Dalam buku-buku ini Eco menulis tentang berbagai topik, seperti militerisme, makanan pesawat terbang, pustakawan, kereta api, kopi yang tidak enak rasanya, surat kilat, mesin faksimili, film porno dan penonton sepakbola.


Eco memperoleh ketenaran secara luas berkat novel semiotik. Il Nome della Rosa (1980–diterjemahkan ke bahasa Inggris sebagai The Name of the Rose, 1983) yang menjadi best-seller di berbagai penjuru dunia dan meraih dua penghargaan sastra bergengsi di Italia, Premio Viareggio dan Premio Strega, pada 1981. Novel itu menggabungkan berbagai genre dan memperluas penggunaan semiotika pada sastra, berkisah tentang penyelidikan terhadap pembunuhan seorang biarawan dengan latar belakang kehidupan di sebuah biara ordo Fransiska pada abad pertengahan.

Novel-novelnya yang lain adalah Il Pendolo Di Foucault (1988, Pendulum Foucault), L’isola Del Giorno Prima (1995, Pulau Seribu Lampau) yang menceritakan tentang sekelompok ilmuwan yang terjebak dalam sebuah persengkokolan iblis untuk menguasai dunia saat mereka menciptakan sebuah program komputer untuk kesenangan mereka sendiri, dan Baudolino (2000) yang mengisahkan kota Istanbul pada masa Perang Salib Keempat, termasuk The Name of the Rose (2003) dan Baudolino (2006). [Sumber: Ensiklopedia Sastra Dunia]

Semoga menginspirasi
Sekian dan terima sayang,

Osya *_*

  

No comments

KOBIMO@2012. Powered by Blogger.