Header Ads

Aristoteles

Aristoteles (384-322 SM), filsuf dan kritisi Yunani kuno. Biografi yang dianggap paling dipercaya tentangnya adalah yang ditulis oleh Dionysus dari Halicarnassus dalam Surat tentang Demosthenes dan Aristoteles. Menurut Dionysus, Aristoteles adalah putra Nichomachus yang dilahirkan di Stagira pada masa kekuasaan Diotrephes (384-383). Setelah ayahnya meninggal, pada masa kekuasaan Polyzelus (367-366), ia hijrah ke Athena dan menjadi murid Plato selama dua puluh tahun.
Setelah Plato wafat pada 347 SM, ia berkelana di beberapa polis di Yunani sebelum menetap di Macedonia sebagai penasihat Raja Philip dan menjadi guru pribadi putranya, Alexander –kelak dikenal sebagai Alexander Agung –selama delapan tahun. Setelah Philip meninggal, Aristoteles kembali ke Athena dan mendirikan sebuah sekolah selama dua belas tahun.
Ia wafat pada usia enam puluh tiga tahun akibat sakit, setahun setelah Alexander mangkat. Puitika merupakan karya Aristoteles yang menjadi kitab klasik dalam kritik sastra. Buku itu menyoroti puisi dan teater Yunani kuno. Pada 1498, saat renaisans menggeliat di Eropa, Georgio Valla menerbitkan terjemahan bahasa Latinnya di Venesia.
Sejak saat itu, buku ini diterjemahkan di mana-mana dan menjadi tekas penting dalam kritik sastra yang berpengaruh tak hanya di Italia, tetapi juga di Prancis, Jerman, dan Inggris.
[Sumber: Ensiklopedia Sastra Dunia]

Semoga bermanfaat.
Sekian dan terima sayang,


Osya *_*

No comments

KOBIMO@2012. Powered by Blogger.