Header Ads

Paulo Coelho

Biografi Paulo CoelhoPaulo Coelho, pengarang terkemuka kelahiran Rio de Janeiro, Brazil, 24 Agustus 1947 ini selalu menulis karyanya dalam bahasa Portugis. Ia menerima pengakuan luas secara internasional untuk karya-karyanya yang mengisahkan pencarian spiritual dan penemuan diri. Sejak remaja ia telah bercita-cita menjadi penulis, sesuatu yang ditentang kedua orangtuanya. Pada 1970, Coelho memutuskan keluar dari fakultas hukum dan berkelana mengelilingi Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Eropa selama dua tahun. Sekembalinya ke Brazil, ia menulis lirik untuk sejumlah lagu yang kemudian menjadi amat popular di negeri itu. Pada 1974, ia ditangkap oleh tentara saat Brazil dikuasai juntai militer dengan tuduhan melakukan kegiatan anti-pemerintahan dan terlibat dalam gerakan komunis.
Setelah melewati masa trauma akibat penyiksaan di penjara dan bercerai dengan istrinya, Coelho mencoba kembali bangkit dengan hidup baru. Pada tahun 1979, ia bertemu dengan teman lamanya, Christina Oiticica, dan akhirnya memutuskan untuk menikah.
Istrinyalah yang selalu mengingatkan Coelho untuk terus meraih impiannya sebagai seorang penulis. Berkat dukungan istrinya, Coelho berhasil melahirkan karya perdananya Arquivos do Inferno (Hell Archives) pada 1982 dan dilanjutkan dengan buku O Manual Prático do Vampirismo (Practical Manual of Vampirism) di tahun yang sama.Meski pada akhirnya kedua buku ini gagal di pasaran dan mendapat kritikan tajam dari para kritikus sastra karena kualitas tulisannya yang buruk.
Pada tahun 1987, Paulo Coelho menyelesaikan novel O Diario De Um Magi (Diari Seorang Magi), yang dalam versi bahasa Inggris diterbitkan dengan titel The Pilgrimage (Ziarah). Buku ini merupakan catatan harian Paulo Coelho selama menjalani ziarah spiritual dari kota Saint-Jean-Pied-de-Port di Prancis sampai ke kota Santiago de Compostela di Spanyol. Berbeda dengan dua buku sebelumnya, buku ini cukup sukses di pasaran.
Pada 1986, ia melakukan pengembaraan dengan berjalan kaki di Spanyol selama 58 hari yang kelak banyak memengaruhi tulisan-tulisannya. Tak berapa lama setelah itu, lahirlah O Alquimista (The Alchemist), sebuah novel pendek yang berkisah tentang Santiago, seorang pemuda gembala asal Brazil yang memutuskan untuk berkelana ke Spanyol setelah bermimpi tentang harta karun. Dalam perjalanan, ia bertemu dengan sejumlah guru spiritual, termasuk seorang alkemis yang membantunya menentukan prioritas dan mengajarinya mengenai apa sejatinya kekayaan yang ia cari itu. Novel ini adalah tonggak awal yang akan menempatkan nama Coelho dalam jajaran novelis tingkat dunia. Novel ini dianggap berbeda dengan karya-karya Coelho sebelumnya karena merupakan sebuah novel simbolik yang kaya akan bahasa-bahasa metafora. Novel ini merupakan hasil kontemplasi Coelho setelah bergulat selama sebelas tahun dengan ilmu alkimia. Novel Sang Alkemis banyak mendapat pengaruh dari Novel Tale of Two Dreamers karya Jorge Luis Borges, seorang sastrawan Brazil kenamaan. Meskipun pada awalnya penjualan novel itu tidak terlalu bagus dan sempat dihentikan peredarannya oleh penerbit di Brazil, namun Coelho tidak menyerah dan berjuang mencari penerbit lainnya yang sudi menerbitkan novelnya. Sosok Coelho yang pantang menyerah dalam mengejar impian ini seakan-akan merupakan representasi dari tokoh Santiago, - sang anak gembala di dalam Novelnya Sang Alkemis yang demi mewujudkan impiannya rela mengarungi padang pasir yang ganas. Usahanya ini membuahkan hasil karena Harper Collins, sebuah perusahaan penerbitan internasional, bersedia menerbitkan bukunya. Hasilnya, penjualan novel Sang Alkemis sungguh fantastis dan di luar dugaan. Novel Sang Alkemis hingga saat ini telah diterjemahkan ke dalam 56 bahasa dan terjual sebanyak 11 juta kopi. Novel ini pun menempatkan Coelho sebagai salah satu sastrawan Brazil terbesar.
Beberapa novelnya yang lain adalah Brida (1990); O Dom Supremo (The Gift, 1991); As Valkírias (The Valkyries, 1992); Maktub dan Na margem do rio Piedra eu sentei e chorei (Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis,1994); O Monte Cinco (Gunung Kelima,1996); Letras do amor de um prophet (Love Letters from a Prophet) dan Manual do guerreiro da luz (The Manual of the Warrior of Light, 1997); Veronika decide morrer (Veronika Memutuskan Mati) dan Palavras essenciais (Essential Words, 1998), O Demônio e a srtaPrym (Iblis dan Nona Prym, 2000); Histórias para pais, filhos e netos (Fathers, Sons and Grandsons, 2001); Onze Minutos (Sebelas Menit, 2003); O Gênio e as Rosas (The Genie and the Roses) dan E no sétimo dia (And on the Seventh Day, 2004), O Zahir (Zahir) dan Caminhos Recolhidos (Revived Paths, 2005); Ser como um rio queflui (Like The Flowing River) dan A Bruxa de Portobello (The Witch of Portobello, 2006); Vida: Citações selecionadas (Life: Selected Quotations, 2007); O Vencedor está Só (The Winner Stands Alone), O Mago The Wizard (Biografi karya Fernando Morais, 2008).
Novelnya yang berjudul Veronika Decides to Diediadaptasi dari pengalaman hidupnya saat berada di rumah sakit jiwa. Dia dimasukkan ke rumah sakit jiwa oleh ayahnya sendiri; ia dianggap mengidap gangguan kejiwaan karena begitu tergila-gila dengan dunia tulis menulis. Di rumah sakit jiwa itu, Coelho harus menjalani terapi electroconvulsive, - terapi dengan menyetrumkan aliran listrik ke tubuh penderita gangguan jiwa yang mampu berdampak buruk pada jaringan saraf manusia. Dengan lahirnya karya Veronika Decides to Die, akhirnya praktik terapi itu dilarang di Brazil.
Buku non-fiksinya, As Valkirias (1992; The Valkyries, 1995), bertutur tentang pengembaraan yang dilakukan olehnya dan istrinya.Secara keseluruhan, karya Coelho telah terjual sebanyak 100 juta kopi dan diterjemahkan ke dalam 67 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, serta tersebar ke sekitar 150 negara di dunia. Meski banyak menuai kritik, pada kenyataannya karya-karya Coelho telah banyak menginspirasi jutaan pembaca di seluruh dunia. Ini tentunya bisa menjadi bukti bahwa ia memang pantas mengemban posisi sebagai salah satu sastrawan dunia. Ia juga menulis sejumlah naskah drama dan kerap menyutradarai pementasan teater.
Beberapa penghargaan yang pernah diperolehnya antara lain: Distinction of Honour from the City of Odense (Hans Christian Andersen Award), Denmark, 2007; Las Pergolas Prize 2006 dari Association of Mexican Booksellers (ALMAC), Meksiko, 2006; I Premio Álava en el Corazón, Spanyol, 2006; Cruz do Mérito do Empreendedor Juscelino Kubitschek, Brazil, 2006; Wilbur Award, presented by the Religion Communicators Council, Amerika Serikat, 2006; Kiklop Literary Award untuk The Zahir dalam kategori Hit of the Year, Kroasia, 2006; DirectGroup International Author Award, Jerman, 2005; Goldene Feder Award, Jerman, 2005; The Budapest Prize, Hungaria, 2005; Order of Honour of Ukraine, Ukraina, 2004; Order of St. Sophia untuk kontribusi terhadap kebangkitan sains dan budaya, Ukraina, 2004; Nielsen Gold Book Award untuk The Alchemist Inggris, 2004; Ex Libris Award untuk Eleven Minutes, Serbia, 2004; Golden Bestseller Priz dari "Večernje Novosti", Serbia 2004; Best Fiction Corine International Award 2002 untuk The Alchemist, Jerman, 2002; Club of Budapest Planetary Arts Award 2002, Jerman 2002; Bambi 2001 Award, Jerman, 2001; XXIII Premio Internazionale Fregene, Italia, 2001; Crystal Mirror Award, Polandia, 2000; Chevalier de l'Ordre National de la Légion d'Honneur, Perancis, 1999; Crystal Award dari World Economic Forum, 1999; Golden Medal of Galicia, Spanyol, 1999; Finalis International IMPAC Literary Award, Irlandia, 1997 dan 2000); Comendador de Ordem do Rio Branco, Brazil, 1998; Golden Book Yugoslavia, 1995, 1996, 1997, 1998, 1999, 2000 dan 2004); Super Grinzane Cavour Book Award Italy, 1996; Flaiano International Award, Italy, 1996; Knight of Arts and Letters (France 1996); Grand Prix Litteraire Elle (France 1995).
Penulis: Osya Oshin
[Sumber: Ensiklopedia Sastra Dunia]

Semoga biografi singkat ini mampu menginspirasi.
Sekian dan terima sayang,
Osya *_*

No comments

KOBIMO@2012. Powered by Blogger.