Header Ads

Launching Novel "Bersetia" | Festival Sastra Online KOBIMO 2014


Festival Sastra Online KOBIMO 2014
Launching Novel “Bersetia”
Karya : Benny Arnas
Host : Adam Yudhistira dan WN Rahman
Pada : Kamis, 5 Juni 2014

Assalamualaikum wr wb
Salam sejahtera untuk kita semua.
Dalam sesi kali ini kami berdua Adam Yudhistira dan WN Rahman akan memandu acara launching novel “Bersetia” dari seorang penulis yang tidak asing lagi didunia literasi saat ini. Benny Arnas, pria kelahiran Lubuk Linggau , 18 Mei 1983. Suami dari Desy Arisandi dan ayah dari Dinda Sahasika Arnas dan Dkayla Zakira Arnas ini adalah penyuka buah,aroma daun, dan ngobrol hingga malam menua. Cerpen-cerpennya tersebar di berbagai media massa, Kompas, Jawa Pos, Koran Tempo, Republika, majalah sastra Horison, Media Indonesia, dll. Ia juga menerima Hadiah Sastra Batanghari dari Gubernur Sumatra Selatan (2009), Hadiah Sastra Krakatau (2010), Penulis Fiksi Terbaik dariKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2012), Pena Award (2013), dan Tokoh Sastra Indonesia Pilihan Jawa Pos (2013). Bersetia adalah novel pertamanya setelah sebelumnya menerbitkan kumpulan cerpen Meminang Fatimah (2009), Bulan Celurit Api (2010), dan Jatuh Dari Cinta (2011). Untuk lebih dekat dengannya di Twitter @bennyarnas atau Facebook Benny Arnas.
Sekilas tentang “Bersetia”
“Bersetia” adalah kisah sepasang anak manusia yang memiliki kisah dan takdir hidup yang sama. Mereka dipertemukan dan saling jatuh cinta, kemudian hidup berumah tangga. Cinta mereka diuji beragam cobaan, tersebab gaya hidup yang bertolak belakang. Brins, fotografer muda dan tampan, digilai para perempuan, hidup berumah tangga dengan seorang gadis lugu dan sederhana, Ratna Kusuma.
Brins yang yatim piatu memiliki orangtua angkat yaitu Om Sel, yang diam-diam menyimpan kisah masa lalu yang rumit dalam hidupnya. Sedangkan Ratna memiliki ibu angkat yaitu, Cece Po. Awal mula pertemuan Ratna dengan Cece Po dikisahkan dengan begitu dramatis. Cece Po pula yang mengganti nama Ratna Kusuma menjadi Embun. Cece Po ini mulanya majikan Embun, namun karena ketulusan Embun mengabdi kepadanya, dia menyayangi Embun dan menganggapnya seperti anak kandungnya sendiri.
Embun begitu piawai meracik teh dan Cece Po kagum pada kepandaian Embun yang luar biasa. Sosok Embun mengingatkan pada mendiang suaminya yang seorang penikmat teh sejati. Cece Po mengenalkan Embun pada varian teh dan semua seluk beluk tentang tata cara menikmati teh dari segenap penjuru dunia. Cece Po juga memberi Embun buku-buku lama tentang teh dari warisan suaminya.
Konflik rumahtangga Embun dan Brins memuncak saat Brins kepergok melakukan perbuatan bejat pada salah satu modelnya. Embun yang tersulut api cemburu memutuskan untuk lari dan meninggalkan Brins ke Lubuk Linggau, sebuah daerah di Sumatera Selatan tempat di mana mama Brins dilahirkan.
Di kota kecil inilah akhirnya sekian misteri tentang masa lalu para tokoh pun terkuak. Masa lalu Om Sel yang mengejutkan dan Embun yang merasa terancam oleh “teror” Brins yang berniat membunuhnya. Semua kepingan puzzle tersebut disajikan secara apik oleh Benny Arnas dari awal hingga akhir.
Novel ini juga bertabur quote-quote bijaksana dan sarat pembelajaran hidup tanpa terjebak pola khotbah yang menggurui pembaca—seperti yang banyak terdapat di novel-novel lain. Novel ini juga secara tak langsung memberi kita banyak wawasan tentang “ritual” sederhana menikmati secangkir teh yang selama ini kerap kita sepelekan.
Jadi sayang sekali jika Anda melewatkan kisah mengharu biru dalam novel “Bersetia” karya Benny Arnas ini dan sebuah kehormatan bagi Kobimo yang telah dipilih untuk melaunching “Bersetia” secara online dalam Festival Sastra Online Kobimo. Dalam event ini kita akan berbincang sekaligus mengupas semua proses kreatif Benny Arnas hingga terlahirlah novel indah ini. Semoga dari perbincangan malam hari ini, kita semua mendapat ilmu-ilmu baru yang bisa kita terapkan dalam proses melahirkan sebuah karya ke depannya. Amin.
Baiklah, tanpa menunggu waktu lebih lama, mari kita mulai saja perbincangan ini dan di akhir acara nanti akan ada doorprize novel “Bersetia” untuk Anda yang beruntung.
UnlikeUnlike ·
You, Bulan Nosarios, Redy ‘Ugeng’ Kuswanto, Umirah Ramata and 50 others like this.

Zahra Diyzha hadir kak wn  salam kenal kak Benny Arnas
12 hours ago · Like

Anissa Gatriana Sari Hadiir, salam kenal kak Benny Arnas
12 hours ago · Like

Ratna Shun Yzc Setelah saya baca pengantar di atas, sepertinya saya kurang menemukan keterkaitan yang dalam antara isi novel dan setia atau kesetiaan (sesuai judulnya). Apakah memang inti novel itu bukan tentang kesetiaan?
12 hours ago · Like · 1

Zahra Diyzha keren banget, kak WN Rahman mulai dong
12 hours ago · Like

WN Rahman Hore …. Sudah pukul 07:p.m. Waktunya launching novel Bersetia karya Benny Arnas. Mari merapat.

Acara ini dibagi ke dalam dua sesi. Sepuluh menit pertamanya saya rampok, ya. Berikutnya sampai pukul 09:00 p.m. Bang Benny-nya saya umpankan ke kalian (duh, kejamnya).

Silakan persiapkan pertanyaan kalian, ya, karena bakal ada kejutan buat … buat … buat yang paling seru kali, ya.    …..
12 hours ago · Like · 3

Mimin Kobimo Silakan ambil tempat duduk Mas Benny Arnas…
12 hours ago · Like

Benny Arnas Sudah dari tadi, Mbak
12 hours ago · Like · 4

WN Rahman He he … berarti saya yang telat, ya. Baiklah. Sebagai awalnya bisa diceritakan tidak mengapa novel ini bisa sampai ditulis Bang Benny Arnas?
12 hours ago · Edited · Like · 1

Dewi Wulansari Hadir. Salam kenal Bang Benny Arnas.
12 hours ago · Like · 1

Safitri Conanian Hirawling Halo Om Bear,
12 hours ago · Like

Mimin Kobimo #Mimin tepok jidat

FESTIVAL SASTRA ONLINE KOBIMO, Sesi Launching Novel bersama Mas Benny Arnas.

Acara ini disponsori oleh Penerbit Wahyuqolbu dan Penerbit DIVA Press.

Dua penanya yang beruntung akan mendapatkan buku karya Benny Arnas.
12 hours ago · Like · 4

Benny Arnas Salam kenal semuanya. Maaf, FB saya sudah full-friends. Sila temenan di twitter ya. @bennyarnas. Thx
12 hours ago · Like · 7

Nerin Richa Hadir dan menyimak.
Salam kenal Mas Benny.
12 hours ago · Like · 1

Benny Arnas Saya menulis Bersetia, motivasinya sederhana. Sebelumnya saya sudah menulis semua genre–anggaplah namanya sastra, kecuali novel. Bersetia dilahirkan utk menuntaskan kepenasaran saya pada novel
12 hours ago · Like · 12

Reyhan M Abdurrohman hadir
12 hours ago · Like · 1

WN Rahman Bisa dikatakan Bersetia merupakan sebuah debut novel. Selama ini Benny Arnasdikenal sebagai seorang cerpenis. Adakah kesulitan dalam membuat novel ini? Boleh di-share dong?
12 hours ago · Like · 5

Onie Daulat salam kenal #kakbenny  *dudukmanis*
12 hours ago · Like · 1

Sri Yuniarti Suharni Salam kenal #OmBenny
12 hours ago · Like · 1

Benny Arnas Ada. Saya menulis novel ini tanpa kerangka. Mengalir saja, sebagaimana saya menulis novel. Dan pelajarannya: jangan ikuti cara saya! Akan sangat merepotkan dalam editing. Ini pun pelajaran buat saya. Juli nanti novel kedua saya rilis. o ya, saya tidak pernah menyangka kalau Bersetia akan menjadi 600-an halaman begini
12 hours ago · Like · 11

WN Rahman Nah, dari saya terakhir, sebelum diterkam sama yang lain. Cerita Bang Benny Arnasini ‘kan kental kearifan lokal. Nah, bagaimana sih cara Abang memandang kebudayaan itu sehingga ketika dituliskan dalam sebuah cerita, ia menjadi sesuatu yang indah dan “Oh, keren” dan bukannya kuno seperti anggapan anak muda kebanyakan?
12 hours ago · Unlike · 7

Benny Arnas Konflik novel ini adalah konflik biografis dan psikologis. Saya memiliki dua tokoh primer dan 2 tokoh sekunder. Mereka semua sebatangkara alias yatim piatu. Berjumpanya mereka, membuat satu sama lain saling menyangga nasab. Semuanya akan terkuak di akhir novel, beban biografis mereka memiliki sejarah dan rahasianya. Konflik psikologis terletak pada Embun yang pada takpernah menyadari bahwa ia telah dikuasai oleh rasa cinta yang terlalu. Ini menimbulkan konflik psikologis, membuatnya gila dalam arti yang lebih kompleks. Ia tak pernah menyadari bahwa suaminya, Brins, memiliki cinta tak kalah besarnya.
12 hours ago · Like · 11

Ratna Shun Yzc Novel itu ditulis setelah cerita selesai di otak sampai ending atau mengalir saja tanpa mempersiapkan ending?
12 hours ago · Like · 1

Benny Arnas Wah Bersetia ini menurut saya buku saya yang paling tidak kental bau lokalnya lho. Jangan2 Mas WN belum baca novelnya ya. Ini roman kesetiaan dengan setting Jakarta-Lubuklinggau.
12 hours ago · Like · 6

Anissa Gatriana Sari Saya kurang paham dengan ceritanya kak, maksud “Bersetia” dalam ceritanya kakak itu yang bagaimana?

#ngantri jawaban sambil nyimak
12 hours ago · Like

Arikmah Kamal Wah keren dong, novel bersetia menjadi 600 halaman. Tebel banget. Oh ya, Mas Benny Arnas kira-kira novel anda ini bergenre apa ya? Karena dari sinopsinya mengharu biru dan akhir-akhirnya ada plot yang menegangkan seperti ingin membunuh Embun.
12 hours ago · Like · 1

Zahra Diyzha wah ceritanya menarik banget, pengin tahu kenapa brins pengin bunuh embun.
12 hours ago · Like

Benny Arnas Annisa, saya tidak akan menjawab itu. Itu tidak lagi urusan pengarang. Sila temukan dalam ceritanya. Nah, sebagai panduan, baca tulisan di sampul belakang: “Setia adalah genggaman sepasang tangan dengan perangai yang berseberangan. Yang kanan menuliskan perjanjian. Yang kiri menjelma cemburu. Apa kabar Cinta bila tangan kiri membakar tangan kanan?”
12 hours ago · Like · 6

Koko Ferdie Malam Mas Beny. Mau tanya, bersetia sendiri dibuat selama berapa bulan? Atau tahun? hehe
12 hours ago · Like · 2

Redy ‘Ugeng’ Kuswanto Menyimak….
12 hours ago · Like

Safitri Conanian Hirawling Suka sama sinopsis novelnya, dari pertama kenal Om Bear, pengin beli. Tapi belum kesampaian.  Oh iya, kenapa Om memilih Embun suka teh dan Brins suka kopi?! Apa ada benang merahnya antara keduanya ini?! *penasaran.
12 hours ago · Like · 1

WN Rahman Hi hi hi … ketahuan deh. #ngumpet. Nah, silakan bagi yang lain. Ada kejutan buat yang paling seru. Hi hi hi ….
12 hours ago · Like

Safitri Conanian Hirawling Suka sama sinopsis novelnya, dari pertama kenal Om Bear, pengin beli. Tapi belum kesampaian.  Oh iya, kenapa Om memilih Embun suka teh dan Brins suka kopi?! Apa ada benang merahnya antara keduanya ini?! *penasaran.
12 hours ago · Like

Benny Arnas Total penulisan + swasunting dalam kurun Desember 2011 – Mei 2013
12 hours ago · Like · 7

Zahra Diyzha tanya kak Benny Arnas 1. Saya tertarik dengan judulnya kak, kenapa judulnya bersetia. Padahal saya lihat dari ceritanya malah tentang perselingkuhan?
2. Terus kenapa nama-nama ada terasa bule-bulean yah kak? Dan cina-cina gitu? Apa alasan kakak menggunakan tokoh orang blasteran dalam novel bersetia?
12 hours ago · Like · 2

Arikmah Kamal Sebelumnya salam kenal Mas Benny Arnas. Cari tempat duduk yang strategis.
12 hours ago · Like

Sri Yuniarti Suharni Waw … Menulis tanpa kerangka bisa menghasilkan sampai 600 halaman.
Bagaimana #OmBenny bisa meramu cerita tanpa kerangka tapi malah bisa menghasilkan konflik yang begitu rumit?
Apa yang menjadi target utama dalam novel ini, alur, karakter tokoh atau settingnya kah?
12 hours ago · Like · 1

Nerin Richa Tanya: Apa pesan yang ingin disampaikan pada novel ini untuk pembaca, Mas?
12 hours ago · Like

Onie Daulat #KakBenny, katanya Brins ternyata punya cinta yang besar pada Embun. Tapi kenapa di sinopsis tadi kubaca si Brins berbuat tidak senonoh dengan modelnya? Di mana letak cinta Brins pada Embun? Apa seperti itu cintanya laki-laki terhadap perempuan? Bahkan ingin membunuh Embun juga.
12 hours ago · Like

Wendy Fermana Bang Benny Arnas borongan nanya. Hehe….

1.) Gagasan awal yang muncul saat Bang Ben mantap untuk mulai menulis novel Bersetia terinspirasi darimana?
2.) Setelah puisi, cerpen, novel… Mana yang paling nyaman dipilih Benny Arnas untuk berekspresi dan kenapa?
3.) Bang Ben kan kuat sekali dengan riset. Saat menulis Bersetia, apa kesulitan Bang Benny dalam melakukan riset? Berapa lama riset yang diperlukan untuk menulis cerita? Apa buku paling unik yang pernah dibaca untuk keperluan riset?
4.) Saat nulis Bersetia paling sulit menceritakan karakter siapa? Apa ada yang terpengaruh pribadi?
12 hours ago · Like · 2

Safitri Conanian Hirawling Disini Hana Cahyaning Febianti
11 hrs · Like

Mimin Kobimo COMMERCIAL bREAK: FESTIVAL SASTRA ONLINE KOBIMO, Sesi Launching Novel bersama Mas Benny Arnas.

Acara ini disponsori oleh Penerbit Wahyuqolbu DAN Penerbit DIVA Press.
11 hrs · Like · 2

Benny Arnas 1. Tentu ceritanya tentang kesetiaan. Saya takkan menampilkan judul yang menerang-jelaskan cerita, tapi akan memilih judul yang akan menguar kepenasaran utk pembaca. (O ya, catatan pengantar launching di atas tidak bisa saya baca, entah mengapa). 2. Nama2 itu sesuai kebutuhan biografi tokoh, Mbak. Kalau dia orang berdarah bule, gak mungkin saya kasih nama Tiongkok. Pun sebaliknya
11 hrs · Like · 8

Nur Oktaviani Sebagai novel pertama pasti istimewa ya kak Benny. Nah setelah bersetia ini lahir terus nanti bakal lahir lagi novel di bulan Juli, apa rasa penasarannya sudah tuntas? Atau masih penasaran dengan karya sastra lainnya?
11 hrs · Like · 1

Onie Daulat Nah, melihat sekilas konflik-konflik yang mewarnai novel ini, #KakBenny dapet ide dari mana sih hingga jadi novel ‘Bersetia’?
11 hrs · Like

Reyhan M Abdurrohman Tanya, ide cerita dari mana ya? Apakah pengalaman pribadi atau cerita teman? Terus adakah pesan yang hendak disampaikan di novel ini?
11 hrs · Like

Arikmah Kamal Novel ini, anda pilih dengan dua konflik, kok bisa kepikiran menggabungkan konflik biografis dan psikologis, dapat ide penggabungan itu darimana? Bagaimana cara penyelesaian akhirnya, apa butuh riset, sebar angket atau tanya pada ahlinya? Mas Benny Arnas.
11 hrs · Like

Adam Yudhistira Hallo Bang Benny. Maaf telat, harap dimaklumi, jaringan listrik padam jika hujan badai. (tau sendirilah daerah kita  ) Oke, karena rekan saya sudah memberi beberapa pertanyaan, (pertanyaan saya, saya simpan saja untuk kapan-kapan ditanyakan  ) baiklah silahkan dilanjut sesi tanya jawab seputar “Bersetia” mu Bang. Saya menyimak sembari mencatat saja
11 hrs · Like · 1

Anissa Gatriana Sari Oke kak Benny Arnas , saya tertarik dengan ceritanya.

#mikir dulu untuk pertanyaan berikutnya
11 hrs · Like

Benny Arnas Oh, ternyata banyak nian pertanyaan yang saya lewatkan. Sabar ya, pasti dijawab, walau tak runut. Ini utk Wendi. Saya rangkum ya, Wen. Di Bersetia, saya riset tentang teh. Ini adalah novel tentang teh, cemburu, dan biografis. O ya, sekarang saya kecanduan novel. Sekarang sedang merampungkan draf novel ke-4. Juli nanti novel saya rilis di GPU. Tentang karakter, tak ada kesulitan berarti, Wen
11 hrs · Like · 10

Bulan Nosarios Kak Benny, kalau nulis sambil dengerin musik nggak? kira2 lagu yg jadi soundtrack novel ini apa?:) trims.
11 hrs · Like

Reyhan M Abdurrohman oh ya, adakah trik khusus untuk menamai tokoh biar sesuai dengan karakternya?
11 hrs · Like

Zahra Diyzha mksudnya gini kak Benny Arnas kenapa kakak mengunakan tokohnya bule dan cina, bukan orang indonesia saja? apa alasannya?
11 hrs · Like · 1

Benny Arnas Untuk Nur, saya malahan takut kalau gak lagi penasaran, Nur. Penasaran itu membuat saya gelisah. Dan gelisah itu bahan bakar dalam mengarang
11 hrs · Like · 6

Ratna Shun Yzc Menurut Bang [[benny.arnas]] apa kelebihan novel “Bersetia” dibandingkan novel-novel tema percintaan lain?
11 hrs · Like · 2

Aris Rahman Yusuf Tanya: 1) apa tips dalam membuat judul dari Mas Benny? Judulnya selalu pendek, unik tapi bikin penasaran.
2) Saat membuat novel ini, siapa yang paling mendukung? Untuk edit sampai berapa kali? Secara halamannya tebal banget.
11 hrs · Like · 1

Adam Yudhistira Oya, Temans. 1 orang maksimal bertanya 3 pertanyaan saja ya dan usahakan pertanyaannya jangan mengulang pertanyaan yg sudah dijawab
11 hrs · Like · 3

Benny Arnas Untuk Onie, idenya sederhana. Untuk merayakan pernikahan saya yang waktu itu baru berusia setahun. Kan embun-brins di novel ini adalah pasangan muda
11 hrs · Like · 9

Redy ‘Ugeng’ Kuswanto Tertib. Beri jeda untuk narasumber ya…
11 hrs · Like

Arikmah Kamal Ya, punyaku tentang genre paling atas belum dijawab Mas Benny Arnas.
11 hrs · Like

Benny Arnas Untuk Bulan: saya gak bisa nulis sambil denger musik, hee
11 hrs · Like · 7

Hana Cahyaning Febianti Mau tanya kak Benny Arnas: Kenapa kakak memilih judul buku dengan “Bersetia” terinspirasi dari manakah kata “Bersetia” itu kak?
11 hrs · Like

Mimin Kobimo sabar Bunda Arikmah…
11 hrs · Like · 1

Benny Arnas Reyhan: penamaan tokoh itu harus atas dasar 3 hal: suku bangsa, agama, atau alasan tertentu. Nah nama Embun atas alasan tertentu. Apa itu? Just read the novel
11 hrs · Like · 9

Mimin Kobimo Mimin suka jawaban di atas. berarti nggak boleh asal kasih nama, tanpa alasan ya Mas Benny…
11 hrs · Like · 1

Benny Arnas Zahra: tokoh utama saya (Embun) dan tokoh2 lainnya bahkan sangat indonesia lho.
11 hrs · Like · 6

Anissa Gatriana Sari Berapa bulan nih kakak buat novelnya sampai 600an halaman, bukan suatu yang mudah apalagi diksinya menurutku bagus dan membuat pembaca antusias untuk membacanya.
11 hrs · Like

Arikmah Kamal Hehe, ketahuan si Mimin Kobimo kalau aku orangnya gak sabaran. #tutup muka pakai naskah ujian.
11 hrs · Like

Mimin Kobimo Anissa Gatriana Sari, jawaban sudah ada di atas…
11 hrs · Like

Benny Arnas Untuk Ratna: tentu sangat berbeda, bahkan secara teknik penulisan (narasi) saya memakain tipografi yang selama ini hanya lazim utk puisi. Untuk cerita, bacalah. Ini novel tentang perempuan teh
11 hrs · Like · 8

Zahra Diyzha berarti namanya doang yang nggak indonesia yah kak. kak tanya yang ke tiga 3.Novel bersetia itu ikutnya sastra kan kak? Apa sih bedanya novel sastra dan bukan sastra? Apa berbeda dalam diksinya atau banyak majasnya itu baru bisa dikatakan sastra? bagaimana kakak mencari diksi dan mendapatkan majas yang nggak kelise, kak Benny Arnas?
11 hrs · Like · 1

Onie Daulat waaakks, cuma boleh 3 ya #kakadam   *terlalusemangat* || baru dijawab 1 lho#kakbenny
11 hrs · Like

Reyhan M Abdurrohman Oh ya, alasannya Bang Benny tidak membuat outline dulu dalam menulis novel ini apa? Kesulitan apa saja yang dihadapi saat penulisan ini, kan panjang banget tuh ceritanya
11 hrs · Like

Anissa Gatriana Sari Kurang teliti nyimaknya min..
11 hrs · Like

Ulfah Nauriyah Salam kenal, Mas Benny.
Aku mau tanya.
1. Darimana bisa terinspirasi alur cerita seperti ini?
11 hrs · Like

Nur Oktaviani Ohh bahan bakar mengarang itu gelisah ya kak  wah quotenya bagus  kakBenny masih penasaran buat naklukin karya apa lagi nih selain novel?
11 hrs · Like

Benny Arnas Mbak Arikmah, bisa direpost pertanyaannya? Maaf.
Hana: ini adalah penggodokan yang rumit. Bersetia adalah judul ke-6 setelah saya merasa 5 judul sebelumnya kurang nendang
11 hrs · Like · 5

WN Rahman Mbak Ratna Shun Yzc jatah nanyanya dah diborong, ya. Hi hi hi
11 hrs · Like · 1

Liza Dwi Nanda Za mau tanya Kak #Benny : 1.Dari judulnya, apa sih arti kesetiaan buat kakak pribadi? Apa hanya sekedar menjaga cinta atau tetap berada di sampingnya walau rasa sakit terus dialami? 2. Dengan halaman segitu tebal, bagaimana kakak bisa mengajak pembaca untuk terus membaca hingga ending? Ada trik khususnya gak kak?
11 hrs · Like · 2

Aris Rahman Yusuf Menunggu jawaban pertanyaanku. dan mau tanya 1 lagi. hehehe.
11 hrs · Like

Onie Daulat pasangan muda, konflik, dan teh. hmm … sepertinya novel ini harus masuk list, tebalnya 600 halaman lagi, hihihi. *suka yang tebel-tebel*
11 hrs · Like · 2

Chairunnisa Suwarjo Menyimak saja.. pertanyaannya sudah terwakili..
11 hrs · Like

Mimin Kobimo Pertanyaan yang sudah terlewat, boleh diulang kok. Mungkin nggak kebaca…
11 hrs · Like

Benny Arnas Zahra: sastra atau tidak sastra, not my business. Itu saya serahkan pada pembaca
Reyhan: gak ada kesulitan. Repot, pasti. Tapi saya menikmatinya. Saya sengaja melakukannya tanpa kerangka. Saya ingin mencoba petualangan yang lain. Dan seru!
11 hrs · Like · 9

Sri Yuniarti Suharni Punyaku belum #OmBenny, hiks
11 hrs · Like

Hana Cahyaning Febianti Pertanyaan ke-2 dari Hana kak Benny Arnas: Apa sih arti “Bersetia” itu sendiri. Apakah nanti dibuku-buku berikutnya akan ada keterkaitan dan hubungan dengan buku “Bersetia”?.
11 hrs · Like

Ratna Shun Yzc Adakah penulis yang memengaruhi gaya bercerita atau pemikiran-pemikiran Bang [[benny.arnas]] ? Btw, saya penasaran kenapa Bang [[benny.arnas]] memilih nama Ratna sebagai tokoh utama. Jangan-jangan terinspirasi dari saya.  #plakkk #siapaeloh??
11 hrs · Like

Mimin Kobimo COMMERCIAL BREAK: FESTIVAL SASTRA ONLINE KOBIMO, Sesi Launching Novel bersama Mas Benny Arnas.

Acara ini disponsori oleh Penerbit Wahyuqolbu dan Penerbit DIVA Press.
11 hrs · Like · 1

Lisma Laurel Bagaimana menciptakan plot yang apik dalam menulis?
11 hrs · Like

Umirah Ramata menyimak,
11 hrs · Like · 1

Arikmah Kamal Mas Benny Arnas. Dalam novel anda mengusung setting Jakarta-Lubuklinggau. Bagaimana cara anda menyajikan settingan tersebut tampak lebih hidup sehingga dengan membaca tulisan anda berasa ada di sana? Yang notabenenya pembaca belum tahu bahkan mengenal daerah Lubuklinggau. Terima kasih.
11 hrs · Like · 1

Zahra Diyzha itu yang bagaimana pemilihan diksi dan majas yang nggak kelise dalam novel bersetia Benny Arnas? adakah triknya. *maaf ini belum dijawab kakak.
11 hrs · Edited · Like · 1

Safitri Conanian Hirawling Menyimak deh
11 hrs · Like

Koko Ferdie Mungkin punya saya juga keselip.  yang tanya balapan. Hihi Berapa lama kah novel ini diselesaikan? Berapa bulan atau mungkin tahun beserta risetnya tersebut.
11 hrs · Like

Lilianti Mustari Seru! Menyimak sambil tarik selimut
11 hrs · Like

Benny Arnas Liza: pertanyaan pertamamu takbisa kujawab ya. Pertanyaan keduamu, saya memiliki 5 pembaca draf yang netral. Dan they finished it faster than I predicted
Hanna: tentang setia/bersetia, saya tak bersedia menjawabnya. Novel itu akan menjawabnys dg sangat terang. O ya, rencananya Bersetia akan memiliki sekuel:-)
Utk Mbak Arikmah dan Sri, repost ya pertanyaannya ya. Sori
11 hrs · Like · 4

Bulan Nosarios Koko Ferdie udah dijawab, pake bulan dan tahun  scroll gih…
11 hrs · Like · 2

WN Rahman Arikmah Kamal Novel ini, anda pilih dengan dua konflik, kok bisa kepikiran menggabungkan konflik biografis dan psikologis, dapat ide penggabungan itu darimana? Bagaimana cara penyelesaian akhirnya, apa butuh riset, sebar angket atau tanya pada ahlinya? Mas Benny Arnas.
17 mins ·

Ini pertanyaan Arikmah Kamal, Bang Benny Arnas.
11 hrs · Like · 1

Zahra Diyzha kak Ratna Shun Yzc
11 hrs · Like · 1

Arikmah Kamal Mas Benny Arnas pertanyaan saya.
1. Genrenya apa?
2. Bagaimana cara anda memyelesaikan konflik karya anda, riset, sebar angket atau tanya pada ahlinya.
3. Soal setting, bagaimana cara anda menghidupkan sehingga pembaca berasa ada di Lubuklinggo yang notabenenya tak tahu daerah itu.
Terima kasih untuk perhatiannya.
11 hrs · Like

Arikmah Kamal Terima kasih Mas Mr. WN Rahman, sudah membantuku, mengulang pertanyaanku.
11 hrs · Like · 1

Sri Yuniarti Suharni Tanya #1 : Bagaimana meramu cerita dengan konflik yang begitu rumit, hingga sampai 600 hal. That’s amazing!!!!
Apa yang menjadi prioritas utama #OmBenny dalam meramu novel ini, apakah alurnya, setting ataukah karakter tokohnya
11 hrs · Like · 1

Arikmah Kamal Maaf Mas Benny Arnas, saya ol pakai ponsel jadi gak bisa copy paste.
11 hrs · Like

Koko Ferdie Eh sudah ya Kak Bulan.  makasih.   saya nyimak dengan ganteng aja deh. hihihi
11 hrs · Like · 1

Onie Daulat apa yang #kakbenny lakukan agar ide yang baru muncul tidak melarikan diri? *misalnya; #kakbenny sedang berada ditempat atau suasana yang tidak memungkinkan untuk menuliskannya langsung*
11 hrs · Like

Wendy Fermana Novel yang bakal rilis bulan Juli tentang apa sih, Bang? Apa draf novel yang sulit secara bentuk itu? *out of topic gak ya :D*
11 hrs · Like

Liza Dwi Nanda Wahh, jadi penasaran pengen baca. Ixixixi.
11 hrs · Like

Benny Arnas Ratna, saya berusaha sebisa mungkin tidak terpengaruh oleh gaya penulisan orang lain. Dan saya harap saya berhasil. Sila buktikan sendiri ya
Lisma: Plot yang baik itu, tip-nya menurut saya, yakinkan bahwa Anda menulis cerita sefilmis mungkin
Zahra, jangan takut menghasilkan frase/parafrase yang genuine, yang hanya kamu yang punya. Kalau diksi mah, gak ada yang baru. Ramu-meramu itulah yang menghasilkan frase/parafrse/kalimat yang kaya, indah, dan genuine
11 hrs · Like · 6

Onie Daulat apa yang #kakbenny lakukan agar ide yang baru muncul tidak melarikan diri? *misalnya; #kakbenny sedang berada ditempat atau suasana yang tidak memungkinkan untuk menuliskannya langsung*
11 hrs · Like

Aris Rahman Yusuf Repost pertanyaan:
1) Tips membuat judul yang cuma satu kata-tiga kata tapi unik dan bikin penasaran gimana? Kenapa suka buat judul yang bikin penasaran?
2) Berapa lama edit novel ini? Secara tebal banget.
3) Termasuk apa trik yang mas pakai dalam menulis ini? kalau As. Laksana Creative Writing misalnya. Kalau teknik mas apa? secara tanpa pakai outline jadi 600 halaman.
11 hrs · Like · 1

Arikmah Kamal Masih menunggu jawaban sambil ngoreksi naskah ujian.
11 hrs · Like

Hana Cahyaning Febianti Pertanyaan terakhir kak Benny Arnas : Mengapa kakak memilih Kota Jakarta-Lubuklinggau untuk dicantumkan di novel “Bersetia”, apakah kakak berasal dari sana, apakah hanya untuk pengetahuan agar orang lebih mengenali kota-kota kecil yg sebenarnya banyak di Indonesia?.
11 hrs · Like

Adam Yudhistira Sedikit memberi gambaran untuk Kobimoist: Terus terang saya pembaca yang “rewel” tapi saat menghabiskan lembar demi lembar “Bersetia” saya menemukan banyak hal baru yang tidak saya temukan dalam karya-karya Benny Arnas sebelumnya (cerpen-cerpen di media massa) dalam novel ini Benny Arnas begitu piawai menciptakan “benang kusut” yang sangat asik untuk diikuti, setiap tokoh cerita dalam “Bersetia” memiliki kekuatan karakter yang khas di masing-masingnya, Brins yang memiliki kehidupan yang glamour tapi memiliki batasan jelas dalam memaknai hidup, Embun yang lugu dan pencemburu, Cece Po yang sangat setia dan bijaksana, Om Sel yang mempunyai kisah penuh liku di masalalunya. dst. Singkatnya, buku ini cukup bisa meredam kerewelan saya atas karya sastra  tentu saja tak ada yang sempurna, tapi saya pribadi berani mengatakan, kisah “Bersetia” kisah yang unik dan seperti kata saya di Twitt waktu itu, Bang. 1 kata: K E R E N. *Sekadar pernyataan (anggap promo juga nggak papa  )
11 hrs · Like · 10

Awal Mau nanya bang,1.sudut pandang yang di gunakan dalam novel “bersetia” apa? Dan menurut anda, apa kelebihan sudut pandang yg digunakan itu? Hehe maaf telat..
11 hrs · Like

Mimin Kobimo Hana Cahyaning Febianti nggak baca pengantar ya??
11 hrs · Like · 1

Zahra Diyzha tips meramunya frase/parafase gimana kakak, aku udah baca berbagai novel tapi saat nulis kata itu mulu yang keluar. ah, rasanya klise banget kak Benny Arnas. gimana sih bisa menghasilkan frase/parafrse/kalimat yang kaya, indah, dan genuine?
11 hrs · Like · 1

Karunia Sylviany Sambas Ikut menyimak
11 hrs · Like

Akbar Kasmiati ikut menyimak..
11 hrs · Like

Hana Cahyaning Febianti Maaf, aku belum baca soalnya on lewat hp, bukan lewat komputer, jadi nggak baca, maaf sekali
11 hrs · Like

WN Rahman Zahra Diyzha jatah … jatah …. Nanti kalau pertanyaan lainnya sudah selesai dijawab dulu, ya.
11 hrs · Like

Zahra Diyzha menunggu jawaban dengan imut
11 hrs · Like

Annisa Maharani kak Benny Arnas kenapa akhirnya tertarik untuk menulis novel dengan alur cerita kisah cinta seperti itu? lalu apa saja yang kakak rasakan dalam menulis novel pertama ini?
11 hrs · Like · 1

Mimin Kobimo ohhh ya sudah, tunggu jawabannya ya…
11 hrs · Like

Arikmah Kamal Saya percaya karya Mas Benny Arnas memang keren. 600 halaman lho. Bener-bener bisa meluruskan benang kusut menjadi benang merah.  Ikut promosi, biar sama novelisnya dilempar novel bersetia. Siap menangkal ala Micail Jordan.
11 hrs · Like

Aris Rahman Yusuf Sip Mas WN.
11 hrs · Like · 1

Zahra Diyzha itu pertanyaan lanjutan kak WN Rahman … kan pertanyaan aku udah dijawab, lalu aku nanya karena belum paham. mumpung ketemu penulis terkenal kakak, jarang-jarang banget.
11 hrs · Like

Hana Cahyaning Febianti Makasih ya kak mimin KOBIMO
11 hrs · Like

Aris Rahman Yusuf @Mimin: siap menunggu jawaban.
11 hrs · Like

Reyhan M Abdurrohman menyimak dulu sambil kipas-kipas
11 hrs · Like

Ragiel Jepe Hadir
11 hrs · Like

Arikmah Kamal Maksimal tiga pertanyaan Zahra Diyzha. Minimal gak tanya.
11 hrs · Like

Mimin Kobimo Commercial Break: FESTIVAL SASTRA ONLINE KOBIMO, Sesi Launching Novel bersama Mas Benny Arnas.

Acara ini disponsori oleh Penerbit Wahyuqolbu dan Penerbit DIVA Press.
11 hrs · Like · 3

Benny Arnas Arikmah: untuk meyakinkanmu tentang setting itu, yakinkan dirimu bahwa narasi/deskripsi/dialog yang kaubuat akan membuat mereka membayangkan setting lebih detil. Itu!
Koko ferdie, pertanyaanmu udah kujawab sebelumnya
Utk mbak Arikmah lagi: saya tertarik melakukannya, karena saya tidak ingin menjadikan tokoh utama sebagai center. Makanya 4 tokohnya saya kembangkan dan dalami biografinya. Risetnya: saya menghimpun banyak buku tentang tehh. Kebetulan saya tea-addict. Tidak ada angket. O ya, genre Bersetia ini adalah psycological-romance . Yang lain, sudah dijawab ya.
Untuk Sri, karena saya menulis ini tanpa kerangka, jadi semuanya mengalir. Yang saya syukuri adalah saya seorang editor yang rigid, sehingga kelelahan itu bagi saya nikmat. Tentang prioritas, tidak ada. Kalaupun ada, tentu karakter, karena novel ini psikologis dan biografis.
Onie: kan ada gadget, Bro
11 hrs · Like · 11

Redy ‘Ugeng’ Kuswanto Yang hanya nyimak nggak akan dapat doorprize looh, kayak aku. Hihi…
11 hrs · Like · 2

Mira Pasolong seperti karya2 Bang Benny Arnas lainnya, BERSETIApun mampu menghipnotis aku, hingga 600 halaman selesai dalam wkt semalam. sukses selalu dgn karya2x ya, Bang
11 hrs · Like · 4

Zahra Diyzha kenapa 3 pertanyaan? mumpung ketemu penulis terkenal kenapa tidak dimanfaatin sebaik mungkin  kak Adam Yudhistira.
11 hrs · Like

Ragiel Jepe Tanya dong Mas Benny. Bagaimana meramu POV 1 sehingga tidak terkesan seperti curhat?
11 hrs · Like

Ida Fitri ikut nyimak
11 hrs · Like

Akbar Kasmiati Apa yang harus dikembangkan dalam sebuah cerita agar menjadi cerita (novel) psikologis?
11 hrs · Like

WN Rahman Beri kesempatan yang lain dulu Zahra Diyzha, nanti ada kesempatan buatmu tanya lagi kok. he he he ….
11 hrs · Like · 1

Arikmah Kamal Sip, sudah puas Mas Benny Arnas. Terima kasih.

Adam Yudistira, boleh tanya lagi ke penulisnya? #pura-pura gak tahu diplototi host satunya. 
11 hrs · Like

Redy ‘Ugeng’ Kuswanto Usahakan pertanyaan fokus pada bahasan ya…
11 hrs · Like · 1

Sri Yuniarti Suharni Lalu bagaimana #OmBenny meramu karakter yang kuat dalam novel ini? Karakter tokoh siapa yang paling mengikat dalam novel ini?
11 hrs · Like · 1

Hanazawa Maryam Nyimak dulu
11 hrs · Like

Zahra Diyzha aku lagi nunggu dengan imut satu pertanyaanku yang belum di jawab kak wn.
11 hrs · Like

Ulfah Nauriyah Kak Benny
2. apa harapan atau prospek ke depannya untuk novel bersetia ini?
3. seberapa penting penyajian setting tempat pada novel ini?

sukses selalu, Kak Benny.
Semoga bersetia memotivasi cowok2 untuk bersetia heuheu
plak! Dikeplak kak adam,
11 hrs · Like · 1

Aris Rahman Yusuf Bantu Adam untuk Zahra. 3 pertanyaan karena efisiensi waktu. Kalau kebanyakan kasihan narasumber bingung dan pertanyaan teman yang ada kemungkinan keselip sehingga nggak terjawab.So, harus toleran dan sabar. Kalau ada luang pasti dibolehin tanya lagi.
11 hrs · Like · 3

Adam Yudhistira Kita memiliki batasan waktu dan naraumber pun tentu memiliki batasan, jadi 3 pertanyaan itu sudah cukup pas.  Harap dimaklumi
11 hrs · Like · 7

Nunuk Cita Fitriah Aku nyimak terus Redy ‘Ugeng’ Kuswanto…gak dapat doorprize tapi dapat banyak ilmu…
Gak pinter nanya sih…hehehe
11 hrs · Like · 3

Aris Rahman Yusuf Oke Adam. Doain biar tanyaku segera dijawab. Udah repost belum kejawab juga. Hehehe. #NyodorinTeh ke Mas Benny.
11 hrs · Like · 2

Hanazawa Maryam Tanya dong Mas Benny, untuk penulis pemula, apa tidak masalah tidak memakai outline dalam membuat novel? Masalahnya saya sebagai penulis pemula tidak bisa membuat novel dengan outline, tetapi idenya tetap mengalir. Itu tidk masalah, kan?
11 hrs · Like · 1

Arikmah Kamal Berarti tinggal dapat jatah menyimak doang sekarang ya, Adam Yudistira Nugroho? Sayang banget padahal waktunya masih banyak.  Ya udah, ikuti aturan. Senang bisa masuk kelasmu, biasanya sudah tepar.
11 hrs · Like · 2

Lilianti Mustari Sodorin Teh hangat untuk semua sambil nyatet jawaban-jawaban Bang Benny Arnas di kursi paling belakang
11 hrs · Like · 2

Onie Daulat haha, aku lupa bilang no gadget juga  || mungkin lebih asyik klo aku dipanggil#sis, #kakbenny *copotjakun*
11 hrs · Like · 1

Liyan Altafunnisa boleh kut nyimak ya abang” ku sekalian juga saudari”ku… ^^
11 hrs · Like · 1

Mimin Kobimo Jawaban untuk Hanazawa Maryam, BOLEH kalau memang mampu dan sepertinya narasumber nggak perlu menjawabnya untuk yang ini, hehehe
11 hrs · Like · 1

Zahra Diyzha oke deh, aku nunggu jawabanku dengan tetep tersenyum
11 hrs · Like · 1

Hanazawa Maryam Sip. Thanks mimin tercinta
11 hrs · Like

Mimin Kobimo Sambil menunggu, COMMERCIAL BREAK DULU ya.
FESTIVAL SASTRA ONLINE KOBIMO, Sesi Launching Novel bersama Mas Benny Arnas.

Acara ini disponsori oleh Penerbit Wahyuqolbu dan Penerbit DIVA Press.
11 hrs · Like · 4

Arikmah Kamal Lilianti Mustari, aku the rasa apel ya? Sambil merenung tentang novel bersetia, 600 halaman bisa dibaca dalam kurun waktu semalam. Penasaran banget dengan karya Mas Benny Arnas. Kapan ya bisa bacaya?
11 hrs · Like · 1

Onie Daulat *kyaknya jatah tanyaku abis, hihi. sebaiknya sekarang mandi, dan menyimak lagi nanti* || terima kasih sudah dijawab, #kakbenny.
11 hrs · Like

Redy ‘Ugeng’ Kuswanto Melepas napas…
11 hrs · Like · 2

Hengki Kumayandi Full Hadiiir!
11 hrs · Like · 2

Ida Fitri Bagaimana cara menghilangkan kesan menggurui dalam cerita?
11 hrs · Like · 1

Mimin Kobimo Maaf, barusan mimin dibisikin, ada gangguan dengan signal katanya. Mohon bersabar yaaa…
11 hrs · Like · 5

Lilianti Mustari hi hi iya Mbak itu gelasnya yang paling kecil. Makin malam, makin riuh. Dan aku mulai penasaran sama novel ini. Mendengar kata Teh aku sudah merasakan kehangatan. Ehem
11 hrs · Like · 1

WN Rahman Kita doakan semoga sinyalnya cepat sembuh, ya
11 hrs · Like · 4

Mimin Kobimo Eh, mimin belum baca novel bersetia, tapi pernah baca dua cerpen Mas Benny Arnas dalam antologi yang mengangkat kearifan okal. Judul bukunya “Kolecer dan Hari Raya Hantu”
Itu bagus banget, lokalitasnya kental banget. Dan, ini sudah jarang ditulis oleh para penulis muda jaman sekarang… Mas Benny melakukannya dengan baik
11 hrs · Like · 1

Benny Arnas Hanazawa: kamu tahu kemampuanmu di mana? U know urself more than me
Akbar: yang dikembangkan konflik dalam, bukan fisik
Ulfah; jawaban atas pertanyaanmu terangkum dalam jawaban2ku sebelumnya
Sri, tentu saja karakter semua tokohnya. Ini psikologis-biografis novel, dear
O ya, saya lupa ini pertanyaan siapa: novel ini POV-nya saya (pengarang) bertindak sbg orang yang paling tahu. I am a camera of the story.
Ragiel: jangan kau rasakan sebagai pengarang, tapi kaurasakan bagaimana bila ia dibaca orang lain. Semakin kau merasa orang lain menebaknya curhat, artinya karyamu belum rampung
11 hrs · Like · 12

Mimin Kobimo horayy, sudah kembali
11 hrs · Like · 2

WN Rahman alhamdulillah
10 hrs · Like · 1

Nisrin Manahil Hadir! Salam kenal kak Benny,  Langsung tanya aja.
Apa sih rahasianya menentukan nama tokoh dalam novel ‘Bersetia’ ini? Kok bisa unik-unik begitu ya.
Ada nggak kepikiran mengambil tokoh dari dunia nyata?
10 hrs · Like · 1

Aris Rahman Yusuf Horee. Duduk manis lagi nunggu jawaban.
10 hrs · Like · 1

Bulan Nosarios buat saya baca cerpen2 Benny Arnas itu kayak minum kopi item, manis tapi laki banget  jadi penasaran dengan cerita Bersetia.
10 hrs · Unlike · 4

Mimin Kobimo ada tiga alasan Nisrin Manahil… sudah dijawab di atas tadi hihihi
10 hrs · Like · 3

WN Rahman Nisrin Manahil pertanyaanmu sudah ada jawabannya di atas, ya. Sila scroll
10 hrs · Like · 1

Akbar Kasmiati Apakah teknik yang digunakan untuk menyajikan konflik dalam itu hanya dialog antara tokoh utama dengan hati kecil (nurani) nya saja? Kalau ada yang lain, tolong Mas Benny Arnas membagikannya
10 hrs · Like · 1

William Aurum Highprofane *saya hadir
meski telat tapi biarlah =,=
10 hrs · Like · 1

Laily Putry Penasaran pengen baca.
Mau nanya ya. Tentang novel bersetia, apakah ka Benny ketika akan bikin novel ini mengarang alur ceritanya sampai selesai baru menulis. apa mengarang sambil menulis? hehe.
10 hrs · Edited · Like · 2

WN Rahman Belum kok William Aurum Highprofane. Silakan tanya ….
10 hrs · Like · 3

Lilianti Mustari #Bertanya untuk pertama kali  Ide novel yang kreatif dan membuatku penasaran pada tokoh yang diplot sebagai penikmat teh. Bang, untuk mendapatkan penggambaran akurat tentang itu apakah bang Benny hanya melakukan riset literatur atau ada yang lainnya nggak?
10 hrs · Like · 4

Sri Yuniarti Suharni Pertanyaan terakhir #OmBenny, inspirasi novel “Bersetia” ini datang darimana. Fiksi full ataukah ada kisah nyata di dalamnya?
10 hrs · Like

Nisrin Manahil Udah ya? Xixi Nunggu besok biar bisa di-scroll.
10 hrs · Like · 1

Rani Evadewi Hadir! *akhirnya* karena udah antri banyak, yang ini dijawab udah alhamdulillah deh >,<
malam kak Benny Arnas langsung nanya aja ya : percaya tidak sih dengan takhayul bernama Writer’s block? kalau iya gimana mengatasinya sampai berhasil menyelesaikan novel ini dengan selamat?  dan apakah untuk membuat novel bertema kehidupan pasangan muda ini harus memiliki pengalaman berumah tangga dulu misalnya, maksudnya biar tulisan itu punya feel yang tepat sasaran  terima kasih
10 hrs · Like · 2

Hanazawa Maryam Tanya lagi nih Mas. Begini, saya sedang mengerjakan sebuah novel. Novel tsb menggunakan POV pertama yang berganti-ganti. Namun, ada seorang tokoh yang ingin saya buat menjadi misterius. Jika langsung diberitahu itu POV siapa, bukannya nanti jadi tidak misterius lagi?
10 hrs · Like

Benny Arnas Nisrin: nama2 tokoh itu ada di dunianyata, kok
Akbar: tentu saja tidak. Tindakan fisik dan permukaan harus dikembangkan. Utk apa? Utk mengecoh pembaca? Konflik psikologis selalu tersimpan rapi di antara deru dan hingar-bingar konflik fisik.
Mbak Laily, scroll ke bawah deh!
10 hrs · Like · 9

Mimin Kobimo Commercial Break: FESTIVAL SASTRA ONLINE KOBIMO, Sesi Launching Novel bersama Mas Benny Arnas

Acara ini disponsori oleh Penerbit Wahyuqolbu dan Penerbit DIVA Press.…See More
10 hrs · Like · 6

William Aurum Highprofane tanya langsung saja ya om ben #sok akrab

> anu, dalam proses pembuatan novel ini bagian manakah sekiranya yang menurut om benny paling merepotkan?…See More
10 hrs · Like

Redy ‘Ugeng’ Kuswanto Mimin bener…
10 hrs · Like · 2

Aris Rahman Yusuf Huaaa. Tanyaku belum dijawab juga. Berarti aku yang dapat doorprize. Horeee.
10 hrs · Like · 2

Benny Arnas Lilianti: scroll down ya
Sri: ini full fiksi. Inspirasinya, scroll down ya
Rani:percaya! Saya mengatasinya dengan nonton film. Coba deh! Bisa2 kamu menulis lebih lancar dan ide2 baru berhamburan. Ttg pertanyaan terakhirmu, itu pertanyaan lucu: must I kill someone to write about a murder? …See More
10 hrs · Like · 11

Lilianti Mustari Hi hi kayaknya telat baca-baca comment awal
10 hrs · Like

Mimin Kobimo Waktunya tinggal 10 menit lagi. Kita sudahi pertanyaannya ya. Biar pertanyaan yang tertinggal dijawab dulu…
10 hrs · Like · 1

Benny Arnas William: tak ada yang merepotkan, kalaupun ada saya lupa karena saya menikmati kerepotan itu. Kan niatnya nuntasin pnasaran buat novel. Dibawa seru aja!
Tidak ada perubahan karakter.
Tentang fotografi, saya masukkan sesuai pengetahuan saya–saya jg penyuka fotografi
10 hrs · Like · 4

Akbar Kasmiati Saya sudah membaca jawaban Mas Benny Arnas hingga sepuluh kali dan mencoba membayangkan cara penggunaannya tapi saya baru paham 50% saja, itu karena kebodohanku. Jadi satu-satunya jalan adalah membaca novel ini. Terimakasih atas ilmu yang telah Mas Benny bagikan. Semoga lekas terbit novel selanjutnya.
10 hrs · Like · 1

Benny Arnas Aris Rahman, repost aja ya. Atau yang belum juga, tolong repost ya. Kelewat kali. Trims
10 hrs · Like · 1

Aris Rahman Yusuf Cuma bisa ngelike aja. Tanyaku belum dijawab. Ntar lagi jam 9.
10 hrs · Like · 1

Mimin Kobimo masih ada waktu Aris Rahman Yusuf, coba ulang…
10 hrs · Like

Aris Rahman Yusuf Udah repost tadi. sampai lupa tanya apa. nggak apa apa deh.
10 hrs · Like · 1

Adam Yudhistira Eh Bang Ben, Embun “memiliki hantu” di kepalanya itu, apakah gara-gara “Kayu ruyung”  #Nanyaserius
10 hrs · Like · 1

Rani Evadewi haha just asking sih kak Benny Arnas, soalnya kebanyakan penulis yang nulis tentang pernikahan udah pada nikah  sebenarnya saya sedang ke arah berpikir ulang untuk membunuh seseorang untuk bikin cerita thriller  *stress tingkat dewa* anyway thanks jawabannya, biar yang lain dapet giliran nanya
10 hrs · Like · 1

Benny Arnas Adam: wah, spoiler nih! Tapi gak papa. Pertama karena perihal kayu ruyung, kedua karena “kegilaan” yang diidapnya. Lebih intens, ntar kuinbox ya. Spoiler eui!
10 hrs · Like · 2

Mimin Kobimo Sudah terjawab semua??
Kalau sudah, silakan Mas Benny kalau ada kata-kata penutup yang akan disampaikan dan bisa bermanfaat untuk kami semua…
10 hrs · Like · 1

Redy ‘Ugeng’ Kuswanto Waktu berlalu tanpa terasa…
10 hrs · Like · 1

Liyan Altafunnisa Assalamua’alaikum… maaf sebelumnya, Mas Benny Arnas salam kenal jug untuk semua kawan”..  *Mas Benny ujur saya tidak.baca koment dari awal. hanya saja ini pertanyaan sederhana dan semoga berkenan.. mmm… saat menulis novel biasanya di temani buku-…See More
10 hrs · Like · 1

WN Rahman Beberapa menit lagi …
10 hrs · Like · 1

Mimin Kobimo 2
10 hrs · Like

Benny Arnas Liyan: saya membaca buku utk riset. Untuk novel ini saya membaca buku Mukaddimah Ibnu Khaldun dan semua referensi tentang tehh. Tapi ketika menulis, semua buku itu saya ‘buang’. Saya tak ingin diganggu. Proses Editing akan memberi kesempatan saya utk mengoreksi kekeliruan.
10 hrs · Like · 5

William Aurum Highprofane thanks om ben atas jawabannya :d
mau tanya-tanya lagi tapi kapan-kapan saja deh, kasih chance buat yang pertanyaannya belum dijawab saja …See More
10 hrs · Like · 1

Aris Rahman Yusuf 1) gimana tips membuat judul? Kenapa suka dengan judul pendek, unik dan bikin penasaran?
2) edit berapa lama? siapa yang mendukung sehingga termotivasi menyelesaikan novel ini?
3) apa trik singkat yang bisa mas tuliskan untuk kami di sini? apa sebutan teknik menulis yang mas pakai? misal kalau As. Laksana Creative Writing/
10 hrs · Like

Sri Yuniarti Suharni Ok. Terima kasih #OmBenny untuk apresiasi dan jawabannya.
10 hrs · Like

Lilianti Mustari Menunggu penutup yang keren
10 hrs · Like

Aris Rahman Yusuf 1) gimana tips membuat judul? Kenapa suka dengan judul pendek, unik dan bikin penasaran?
2) edit berapa lama? siapa yang mendukung sehingga termotivasi menyelesaikan novel ini?
3) apa trik singkat yang bisa mas tuliskan untuk kami di sini? apa sebutan teknik menulis yang mas pakai? misal kalau As. Laksana Creative Writing/
10 hrs · Like · 2

Liyan Altafunnisa subhanallah… terima kasih banyak mas Benny utk jawabannya… salam.
10 hrs · Like

WN Rahman Mbak Ririen Narsisabiz Pashaholic prtanyaannya sama dengan sebelumnya. Silakan scroll untuk jawabannya.
10 hrs · Like

Adam Yudhistira Hahahahaaa maaf, Bang. penasaran bingits soalnya. Oke via inbox aja ya.
10 hrs · Like

Redy ‘Ugeng’ Kuswanto Menunggu penutup dan nama dua orang yang beruntung 
*kalian maksudnya hihi
10 hrs · Like · 1

WN Rahman Yup, sudah pukul 09:00 p.m. Masih menunggu jawaban untuk Aris Rahman Yusuf.
10 hrs · Like · 2

Aris Rahman Yusuf Aku masih menunggu jawaban. Tapi kalau udah close, moga ada yang baik hati inboks ke aku. Makasih Mas Benny atas ilmunya. Setidaknya udah dapat ilmu dari pertanyaan teman-teman.
10 hrs · Like · 2

Benny Arnas Oke, closing statement:
Teman-teman, Bersetia ini sempat ditolak beberapa penerbit. Kenapa? Karena saya menolak merevisi (tentu saja hal2 esensial, seperti gaya kepenulisan, motif konflik, dll)! Saya tak mau jadi budak editor. pengetahuan saya tentang …See More
10 hrs · Like · 19

WN Rahman O.K. Terima kasih atas kesediaannya hadir di Kobimo. Sekarang tinggal menunggu siapa yang beruntung dapat hadiah dari Bang Benny Arnas Hi hi hi
10 hrs · Like · 4

Aris Rahman Yusuf Oalah. Lambaikan tangan ke kamera. Kesimpulan udah mewakili 1 pertanyaanku. Jangan mau jadi budak editor.
10 hrs · Like · 2

Benny Arnas Admin, saya minta waktu utk memilih pemenang ya. Saya mau makan malam dulu ya. Mohon maklum ya.
10 hrs · Like · 5

Mimin Kobimo siya… silakan… makasih sudah berbagi pengetahuan dan ilmunya.
Good luck always…
10 hrs · Like

Laily Putry Sangat berharap aku yang dapet bukunya
10 hrs · Like

WN Rahman Baik. Wah, ternyata ganggu jam makan malam kita ini Kobimoist. Terima kasih sekali atas kesediaannya Bang Benny Arnas.

Nah, jangan lupa besok dan lusa masih ada lagi acara seru lainnya di Festival Sastra Online Kobimo. Selamat malam semuanya. …See More
10 hrs · Edited · Like · 2

Nunuk Cita Fitriah Kereen…terimakasih ilmunya Benny Arnas… manfaat banget
10 hrs · Like

Zahra Diyzha terimakasih kak Benny Arnas
10 hrs · Like · 1

Nur Oktaviani Semua juga berharap dapet bukunya kak Benny, kak Laily  apalagi gratis Makasih ya ka Benny atas ilmunya, sangat luar biasa
10 hrs · Like · 1

Laily Putry Hehe… Y Dik Nur.
10 hrs · Like

Ririen Narsisabiz Pashaholic perasaan gue di jam kagak nanya deh. modem gue ge lemot.#towel om wiwid
9 hrs · Like · 1

Onie Daulat waiting!
9 hrs · Like

Adam Yudhistira Silakan berdoa semuanya
9 hrs · Like

Onie Daulat bakar dupa dulu #kakadam
9 hrs · Like

Diambil dari blog Maya Lestari GF
http://mayalestarigf.com/2014/06/06/festival-sastra-online-kobimo-launching-novel-bersetia-karya-benny-arnas/

No comments

KOBIMO@2012. Powered by Blogger.