Header Ads

Launching Novel "Ajari Aku Melupakanmu" | Festival Sastra Online 2014


Festival Sastra Online KOBIMO 2014
Launching Novel Ajari Aku Melupakanmu
Karya : Reyhan M Abdurrohman
Pada : 7 Juni 2014
Host : Vita Story


Biodata
Reyhan M Abdurrohman adalah penulis kelahiran Kudus, 18 Mei 1994. Sekarang masih mengejar S1-nya di Unpand Semarang, di sela-sela kesibukannya bekerja sebagai instruktur komputer di LKP Gama Nusantara Kudus. Mulai belajar menulis dengan serius di pertengahan 2012 hingga pada akhirnya menyelesaikan novel pertamanya (Ajari Aku Melupakanmu) di pertengahan 2013.
Beberapa karyanya juga tergabung dalam beberapa antologi, salah satunya di buku Ototo Wa Koibitto (Ping!!!, 2013), Curhatku untuk Semesta (deTEENS, 2014), Ibuku Berbeda (deTEENS, 2014).   Beberapa kali juga menulis cerita pendek berbahasa jawa yang dimuat di Panjebar Semangat. Mampir ke rumah digitalnya www.roeman-art.blogspot.com
Ajari Aku Melupakanmu adalah novel pertama yang berhasil di terbitkan.
***

Sinopsis
AJARI AKU MELUPAKANMU
Terkadang, ada rasa untuk mengakhiri semua penderitaan, mengambil keputusan sekali dalam seumur hidup untuk mengakhiri semuanya. Namun, bukankah hidup juga harus dipenuhi harapan, perjuangan bahkan meski sekedar doa? Ketika melihat cahaya mulai terlihat, maka badai gelap kembali datang seakan tak pernah ada hentinya. Mungkinkah jalan satu-satunya adalah pergi? Pergi selamanya dari duni ini, atau mengubur semua kenangan dan menjadi manusia yang baru? Bagaimanapun, masa lalu tak akan pernah hilang dari hidup kita, sehitam dan sepedih apa pun itu. 
Inilah kisah getir anak manusia yang harus menemukan kenyataan-kenyataan pedih dalam hidupnya yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.
Dan di saat aku mencoba kuat untuk bertahan, tidak banyak yang kupinta kepada kamu, dia, mereka, dan dunia, ajari aku untuk melupakan semuanya yang telah berlalu.

Bayu tak pernah menyangka akan berada pada posisi sesulit ini. Di saat dia menemukan cinta, malah tak bisa merengkuhnya. Bukan tak bisa, tapi memang tak diperbolehkan untuk bisa. Hingga pada akhirnya pergi adalah keputusan yang dianggap baik.
***
Trailer novel




Rangkuman Acara Launcing

Vita Story : Apa yang Mas Rey ingin sampaikan lewat novel ini?
Waktu awal nulis ini benar-benar tidak memikirkan amanat. Nulis ini pun tidak pakai kerangka, karena aku memang masih buta dengan teknik nulis waktu itu. Namun setelah direvisi, saya memberi sedikit pesan lewat novel ini bahwa ada lho cinta yang tak harus memiliki, tentang keikhlasan dan mengajari rasa syukur. 

Vita Story : Apa yang membedakan novel ini dengan novel lain yang sejenis, sehingga pembaca haru memiliki novel ini?
Gini, memang tema cinta sudah pasaran, tapi kebanyakan adalah cinta mereka bersatu. Di sini menyajikan kisah cinta tak memiliki dengan bahasa sehari-hari yang dekat di kehidupan nyata. Bahkan banyak pembaca yang mengira ini kisah nyata atau pengalaman penulis. padahal ini 100% fiksi 

S Effendi Idris : Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menulis novel ini?
Menulis novel ini butuh waktu tiga bulan. Maklum baru pertama dan belum siap apa-apa. Ngalir begitu saja  dan saat itu memang tidak menargetkan sesuatu.

Achmad Noer Cfc : gimana caranya membuat ending yg nyambung dg bab 1? 
Saya kurang paham dengan pertanyaan ini. untuk memudahkan mungkin bisa menyusun outline dulu  semoga membantu

Gladys Mahardhika Sandykonflik di cerita ini apakah hanya itu atau ada konflik lain yang membumbuinya?
Sebetulnya konflik utama di ini adalah tentang masa lalu yang berakibat di masa sekarang. Baru di ending tokoh utama berusaha melupakan masa lalu dan sesorang di masa sekarang, lebih lengkapnya baca ya

Nur OktavianiSaat ini kan lagi musim galau nih ka, judul bukunya juga mendukung Dapet inspirasi dari mana ka?
Untuk judul dipilihkan editor, judul awalnya 'Terperangkap Masa Lalu'  inspirasi bisa datang di mana saja, bahkan inspirasi kerap menghampiriku saat sedang naik motor di jalan 

Ulfah NauriyahPertanyaanku juga ya Apakah novel ini menghadirkan kejutan2 di dalamnya? Kak Reyhan dalam novel yang mengharu biru seperti ini apa tidak takut nanti kesedihan dalam peran utama novelnya malah terjadi sama kita sendiri?
Saya malah merasa senang kalau membuat pembaca mewek. berarti saya berhasil dong dalam nulisnya 

Nerin Richa : Adakah tips yang diselipkan dalam novel ini untuk melupakan seseorang?
Nggak ada tips sama sekali 

Zahra Diyzhakak Reyhan M Abdurrohman salam kenal jujur aku suka banget tulisan kakak yang ngalir banget .. kakak bagaimana kakak mendalami tokoh yang galau sampai pengin mati? apakah kakak pernah merasakan hal yang sama dengan tokoh? btw apa kekuatan novel ini?
Nonton film. hehe. Dan dengerin curhatan orang aja. kekuatannya mungkin dari kisah rumit tokoh utama (Bayu)

Salmah Nurhaliza : Judulnya kan galau banget, tapi bukan pengalaman pribadi. Lalu dapat idenya dari mana sehingga bisa menjiwai cerita dalam novel itu?
Ide ini sudah lama dan ide muncul begitu saja 

Alfa AnisaMau tanya, pertama bagaimana cara mengolah cinta menjadi kisah sesedih itu? apakah ada triknya untuk membuat pembaca menangis dan terharu saat membacanya? seperti novel ini yang dari blurbnya menyedihkan.'
Sebetulnya saya juga masih belajar dalam mengolah emosi. Di sini memang dasarnya ceritanya sedih, mungkin pembaca akan terbawa dalam cerita

1. Mau tanya kak, ending dari cerita ini, Bayu mencoba untuk pergi, apa dia mencari pengganti atau dia ingin sendiri tanpa kekasih.. hehe kasih bocoran dikit kak Reyhan M Abdurrohman. 
Dia ingin mencari kedamaian, seperti aku kalau ada masalah  *curcol dikit
2. Terus bagaimana cara kakak menghidupkan ceritanya agar menarik untuk dibaca bahkan tak bosan untuk membacanya berulang-ulang seperti yang dibilang pembaca kakak tentang novel kakak
Waduh saya juga nggak menyangka dapat tanggapan hangat dri pembaca. Saya nulisnya ingin ngalir begitu saja, dan mengalami beberapa revisi besar-besaran

Safitri Conanian Hirawling : Novel cinta sudah pasaran banget, ceritanya juga gitu-gitu aja. Kenapa berani memilih tema ini, Kak Reyhan M Abdurrohman?
Karena semua orang punya cinta, dan tema cinta akan abadi kan? lebih mudah diterima publik juga 

Lilianti Mustari : Rey ceritakan dong sedikit saja tentang karakter-karakter tokoh di AAM. Dan hubungan anatar karakternya. Bagaimana kamu meramu karkaternya sehingga agak beda dan tidak klise
Karakter tokoh malah pasaran nih, gampang ditemui di kehidupan sehari-hari  karena aku pun melihat karakter dari teman-teman di sekitar saja

Ragiel Jepe : Ide nulis ini nemu di mana? Apakah pengalaman pribadi ?
Banyak yang mengira pengalaman pribadi, tapi ini 100% fiksi 

Arum Damayanti : Kak, mau bertanya, judulnyakan "Ajari aku melupakanmu." Nah, kalau biasanya baca itu belajar melupakan dengan move on alias minta orang lain. Kalau dari judul kakak, berarti minta diajari melupakan malah sama orang yang dicintai. Gimana, tuh?
Di sini judul akhir yang milih editornya  gimana ya? Karena dia sudah tidak punya siapa-siapa lagi selain orang-orang yang disayang, termasuk sahabat.

Redy 'Ugeng' Kuswanto : Apa perbedaan yang paling bagus dari novel-novel roman yang selama ini banyak di pasaran??
Saya bingung kalau ditanya seperti ini, saya tidak bisa membandingkan bahkan koar-koar kalau karya saya paling bagus  namun saya berusaha memberikan yang terbaik dari hati, agar bisa menggugah hati pembaca. Saya harap setelah membaca bisa mensyukuri apa yang diraih sekarang 

Nerin Richa : Apa hal tersulit dalam pembuatan novel ini?
Rasa malas. Saya kesulitan berperang dengan rasa malas. Aplagi menulisnya tidak pakai outline, ini benar-benar sulit.

Aris Rahman Yusuf :
1. Sebelum di penerbit yang menerima naskah ini, dikirim ke mana? Apa langsung ada acc dari kwa? 
Pertama pernah ditolak DIVAPress :Dlangsung revisi dan kirim ke KWA deh. alhamdulillah diacc. Revisinya ini besar-besaran loh.
2. Tentang cinta yang tak harus memiliki. Apakah di novel ini Bayu menemukan pengganti? atau harus ikhlas meski sesak? Dilihat dari judulnya yang gimana gitu.
ini membocorkan eding dong, baca saja yuk 

Alfa Anisa  : pertanyaan kedua, apakah ada konflik selain percintaan dan masa lalu? lalu apa kekuatan konflik pada novel ini untuk bisa menimbulkan karakter yang kuat pada tokohnya?
Konflik persahabatan, kehilangan, pekerjaan 

Gladys Mahardhika Sandy : Karakter dari tiap tokoh cerita ini gimana Kak? Apa sekedar pingin menceritakan tokoh seperti pemikiran kak Reyhan atau mengambil dari dunia nyata? serta kekuatan ceritanya sendiri berada pada hal apa?
Apa yang ada di kepalaku, aku tuangkan.  kekuatan cerita pada kenyataan-kenyataan

Salmah Nurhaliza : Bagian apa yang ingin lebih ditonjolkan dalam novel ini? dan bagaimana menyampaikannya?
Bagian bahwa cinta tak harus memiliki dan menerima masa lalu 

Zahra Diyzha : kakak Reyhan M Abdurrohman kakak kenapa memilih tokoh utama cowok? biasanya kan kebanyakan cewek? aku punya kendala menulis tokoh cowok katanya kecewek-cewek-an? sebenernya gimana sih menguatkan karakter tokoh cowok si bayu itu?
Pengen saja nulis cowok  lagipula di sini konfliknya cocok di cowok kok. Aku sih lihat karakter temenku yang cowok banget, 

Sri Yuniarti Suharni : Salam kenal #KakRey Dari penjelasan #KakRey di atas, bahwa menyelesaikan novel ini tanpa kerangka. Bagaiman #KakRey mengolah konflik dan alurnya hingga tidak meleber kemana-mana dan membuat ending yang beda dari novel-novel lainnya? Bagaimana #KakRey menentukan karakter-karakter tokoh yang ada dalam novel? Siapakah karakter yang paling mempengaruhi jalan ceritanya?
Yup, aku hanya mengantongi garis besar cerita ini. awalnya melebar, tapi aku revisi. Karakter si Nayla dan Bayu sert Bisri ayah Naylay dong 

Chairunnisa Suwarjo : Nanya yah.. Novel galau kan lagi nge-trend banget nih. Apa yg ngebedain novel Ajari Aku Melupakanmu dengan novel2 galau lainnya?
Mungkin ini yang galau bingit 

Zahra Diyzha : kak Reyhan M Abdurrohman proses terbitnya lama banget kan, dari kita ketemu makan somay sampai sekarang? apakah ada kendala dengan penerbitannya? apa pelajaran yang kakak ambil dari proses ACC sampai terbit?
Antriannya banyak, dan nunggu momen yang tepat. Cerita dikit. Ini kan lewat agency, jadi penulis tidak bsia berhubungan langsung dengan pihak penerbitnya  jadi penulis hanya galau menunggu saja, sampai tuh novel nongol di pertengahan mei.

Nur Oktaviani  : yang kedua nih ka Reyhan, reaksi pembaca seperti apa sih yang diharapkan setelah membaca novel ini? misalnya nangis sambil guling-guling saking terharunya
Pembaca sadar dengan takdirnya dan semakin mensyukuri apa yang didapat.

S Effendi Idris : punyaku kelelep nih, heheheh mas Reyhan M Abdurrohman apa mendapati kendala tertentu saat menulis novel ini? dan untuk revisinya mamerlukan berapa bulan sampai benar-benar yakin denagn tulisan novel ini?
Ini revisi sampai 3 kali kalau nggak salah ingat. revisinya di sela-sela kesibukan sih, minta pemndapat teman juga

Ani Aulia Safitri : Reyhan M Abdurrohman, bagaimana kamu membuat pembaca tetap stay membaca novelmu? Apakah ada bagian yang kamu gantung di tiap akhir bab?
Yup, meski tidak semua bab nggantung, tapi tetap harus rapat-rapat menyimpan jawaban

Koko Ferdie : Bagian dalam novel ini suka yang romantis atau sedih?

Yang sedih, kenapa karena 85% sedih 

Chairunnisa Suwarjo : Waktu ngajuin naskah ke penerbit, kan harus pake proposal naskah. Ceritain dong tentang bikin proposal naskah yang oke. Aku lagi belajar bikim proposal naskah nih..
Di KWA tidak usah pakai proposal naskah, pakai sinopsis lengkap saja.  cara bikin sinopsis langsung saja keinti cerita 

S Effendi Idris : Cinta memang gak harus memilki, tapi menurut saya cinta itu memaksa dan selalu ingin memiliki walau hanya sekedar dimengerti, bagaimana cara mas Reyhan M Abdurrohman meyakinkan pembaca bahwa kita bisa move on dari masa lalu? karena menurut saya ini sulit.
Karena ada hal yang membuat cinta ini tak bisa bersatu,  makanya ajari aku melupakanmu 

SePti Iku : Saya salam kenal kak, mau tanya apa kesulitan yang dihadapi ketika menulis novel ini? kalimat atau adegan apa yang jadi favorit kakak di novel ini??
Kesulitan saat malas mendera. Adegan saat keduanya jujur bicara cinta, tapi bayu bilang tak bisa bersatu karena akan menyakiti Nayla

Chairunnisa Suwarjo : Nanya lagi ya Reyhan.. Tadi kan katanya revisi besar2an setelah ditolak DIVAPress. Apa aja yg direvisi..??
Sedikit karakter tokoh, ending, dan beberapa adegan yang mubadzir

Anissa Gatriana Sari : Berarti tokoh Bayu tidak ingin mencari pengganti kah? kan biar bisa lupa sama kekasihnya yang dulu kalau dia punya penggantinya .hihi  Terus pas kakak lagi ngerjain revisi sempat mengalami down atau sempet nyerah gitu? Dan bagaimana cara kakak mengatasi itu semua sehingga novel kakak selesai dan begitu banyak dinikmati.
Baca aja ya 
Sempat down ketika ditolak DIVA, tapi saya berusaha mencarikan 'jodoh' novel ini. Karena di ststus kak Hengky pernah bilang, semuanya akan ada jodohnya,tinggal menunggu waktunya saja 

Ulfah Nauriyah : Kak Reyhan M Abdurrohman, maksud pertanyaanku, aku paling ngga bisa nulis cerita mengenaskan, atau sedih. Nah, tidak adakah ketakutan harus melupakan seseorang, ketakutan novelnya menjadi kenyataan saat membuat cerita mellow sedangkan kakak sendiri tahu kan cerita ini 100% fiksi
Aku malah seneng nulis cerita sedih loh, dan nggak ada ketakutan sama sekali, toh ini hanya cerita 

Lilianti Mustari : Dapat pemahaman lagi, jadi novel ini nggak hanya menyajikan cerita mellow tapi ada pencerahan yah Rey? Baguslah, jadi yang bisa baca cepat move on (aku-type-pembaca-yang-susah-moveon) Settingnya ini di mana? apakah saat menulis cerita ini kau telah memikirkan targe pembacamu?
Setting di Jakarta, saya dari awal menargetkan pembaca remaja sampai dewasa

Sandar Si Siti Aminah : hadir kak, maaf kak rey, boleh nanya ya . kak, apa resepnya menghidupkan cerita novel kakak yang dominan tentang kesedihan (dilihat dari sinopsisnya) kak? Bagaimana cara kakak menciptakan rasa pada novel ini kak? maaf kak jika salah.
Kalau saya pribadi pas nulis harus dalam keadaan mood yang baik. Nanti nulis cerita model apa saja, akan ada rasanya 

Nerin Richa : Tanya lagi, Rey. Adakah trik khusus dalam mempromosikan novelmu ini supaya banyak yang beli?
Seperti kebanykan penulis, tag fb, twitter, blog www.reyhanmabdurrohman.wordpress.com juga bikin trailer di youtube 

Anjar Rahmawati Elfyeoja : Jadi pengen baca novelnya. Bagaimna karakter Bayu dalam novel kakak?
Sedikit saja ya, Bayu di sini punya riwayat playboy, karena dia belum menemukan cinta sejati. Suka gambar, dan cuek. Badung pokoknya deh. Pernah mau dikeluarin dari sekolah

Gladys Mahardhika Sandy : Tanya terakhir, hehe.. 
Meski nulis novel yang berjuta gaya bahasa tapi harus tetep inget EYD & KBBI kan! Nah, kak Reyhan belajar penulisan yang bener terlebih dahulu atau langsung tuangkan permikiran ke cerita tersebut? Seperti apa gaya penulisan kak Reyhan di novel ini, biar pembaca jadi speechless?
Saya nulis sambil belajar , tentunya sebelum nulis ini sudah ada sedikit pengalaman nulislah, dengan beberapa kali menjadi kontributor di antologi indie 

Rikzan Ubaidillah : Apakah novel ini berisi tips-tips buat move on? Hehe. Atau jangan-jangan novel ini terinspirasi dari tips-tips move on? Wkwkwk.
Sama sekali tidak ada, ini novel intinya di masa lalu . terperangkap masa lalu

Sri Yuniarti Suharni : Dalam jawaban #KakRey di atas menyatakan bahwa kekuatan cerita dalam novel ini ada pada kenyataan-kenyataan. Kenyataan yang seperti apa yang #KakRey tuangkan dalam novel ini? Dan bagaimana meramu kenyataan-kenyataan tersebut menjadi pure fiksi? Adakah kesulitan yang dihadapi dalam menentukan karakter tokohnya?
Kenyataan-kenyataan menyakitkan yang tak terpikirkan sebelumnya  saya tidak ada kesulitan menulis karakternya, kan ada di sekitar kita

Salmah Nurhaliza : pertanyaan ke-3.
Adakah trik khusus untuk membuat pembaca selalu merasa penasaran dan gak mau berhenti b membaca?
Simpan jawaban rapat-rapat. Keluarkan pada saat yang tepat

Aris Rahman Yusuf : Tanya terakhir: Editnya keseluruhan bab atau sebagian saja? Apa pendapat Rey tentang gaya selingkung tiap penerbit yang berbeda-beda dan tentang adanya beberapa typo di buku cetak? Makasih.
Keseluruhan bab. Emm, di sini juga masih beberapa typo. Gimana ya? saya juga nggak langsung berhubungan dengan penerbit soalnya. Saya pribadi juga kurang puas dengan ini, tapi ya bersyukur dan terima kasih pada editornya

Ayip Ahsanudin Alif : Reyhan M Abdurrohman ... sebenarnya apa si yang melatar belakangi kamu membuat novel "AJARI AKU MELUPAKANMU" Apa ini kisah cintamu yang pernah kabdas. Atau curahan hati seorang teman atau imajinasi kamu aja, sehingga ini merupakan ide brilian kamu yang liar dan inspiratif saja. Bisa dijelaskan Reyhan ... jangan sebutin nama ya Rey. Soalnya takut orangnya malu ... bisa aja ada di sini. Siiip ditunggu.
100% imajinasi liar

S Effendi Idris: dalam tulisan novel ini, apa lebih banyak mengungkapkan isi hati (curhatan) tapi dengan style novel tentunya? atau menagmbil dari kisah nyata?
Kalau curahan hati kurang tepat, mungkin curahan pikiran 

Sri Yuniarti Suharni : Tanya terakhir dariku #KakRey
Saat revisi naskah, sampai besar-besaran itu. Adakah campur tangan dari penerbit, sehingga membuat alur, setting maupun karakter tokohnya berubah dari draft novel pertamanya. Sehingga ciri khas dari #KakRey berubah?
Campur tangan penerbit malah tidak ada. Saya dapat usulan dar senior cantik yang baik kakMonica Anggen terima kasih ya, kak. saya malah belum berterima kasih nih sebelumnya 

Tari Almira Sn : Aku jadi tertarik dengan revisi besar-besaran -lagi revisi juga soalnya-, seberapa banyak sih bagian yang kamu revisi dan boleh tau, apa yang kamu perkuat dalam novel kamu setelah revisi? Melenceng jauhkah dari draft awal?
Banyak banget. Trutama karakter Nayla 

Rikzan Ubaidillah : Gimana perasaannya waktu naskah di-acc dan diterbitin. Kiat-kiat mempromosikan novelnya seperti apa? Mungkin ada target : novel ini harus bisa jadi best seller. #amiin
Seneng banget dan hampir tak percaya. Saya langsung kabarkan ke kakak dan ibu, love yu mom.
saya sering update status tentang pendapat pembaca dan cuplikan novel  juga triller novel di yutub
http://www.youtube.com/watch?v=olH2a0SnPBw
Lisma Laurel : Tema besar dari novel ini apa Kak Rey?
Masa lalu, kaya lagunya inul 

Anjar Rahmawati Elfyeoja : Aku malah kurang bisa sama yang genrenya sedih. Apa hrus bnyak mmbaca cerita" sedih supaya lebih mahir nenulis novel sedih sperti novel kakak ini?
Coba dengerin curhatan teman deh  membaca cerita juga, tapi kebanyakan cerita happy ending sih 

Alfa Anisa : Mau tanya yang terakhir, katanya dulu pas di statusnya kok kayak heran tentang kabarnya novel yang ternyata uda beredar. Emangnya nggak ada konfirmasi dari penerbitnya ya kak rey? Trus menurutku kak rey itu penulis diam diam menghanyutkan, keren loh. Lalu dalam setahun 2012 ke 2013, hal apa saja yg dipelajari kak rey hingga bukunya terbit? Makasih.
Oh itu, di grup KWA diumumkan novelku udah beredar, tapi ternyata masih nunggu antrian pendistirbusian  Ini gak enaknya pakai agency, kita nggak bisa langsung berhubungan sama penerbitnya, jadi mis com kan?
Sembari nunggu terbit, saya tetap nulis dan menimba ilmu dong, salah satunya ikut 
#KampusFiksiDivaPress terima kasih ilmunya DIVA 

Sandar Si Siti Aminah  : owh gitu kak. , bagaimana cara kakak mengenalkan novel kakak dalam penyebaran dan promosinya kak?
Lagi-lagi pertanyaan ini  promosi di blog, twiter, dan facebook serta yutub. Semua jejaring sosial aku promoin , juga ke teman-teman lewat sms


Festival Sastra Online KOBIMO 2014 disponsori oleh DIVA Press dan Wahyu Qolbu

No comments

KOBIMO@2012. Powered by Blogger.